Tips Untuk Memulai Bisnis Guest House

Tips Untuk Memulai Bisnis Guest House-niagatvBisnis guest house menjadi salah satu bisnis dengan prospek yang sangat cemerlang. Bisnis guest house atau biasa dinamakan bisnis penginapan saat ini bisa dibilang sangat prospek. Bisnis guest house saat ini memang tumbuh sangat pesat dan mulai menjamur diberbagai tempat. Tingginya jumlah wisatawan yang ada di indonesia baik wisatawan dalam negeri hingga asing membuat peluang bisnis guest house patut diperhitungkan. Memulai bisnis guest house menjadi salah satu langkah yang sangat tempat. Secara umumnya usaha penginapan atau guest house dapat dikembang dalam lokasi atau daerah yang sering didatangi banyak wisaawan jika Anda memiliki sebuah rumah hunian dekat tempat wisata yang kurang dimaksimalkan maka bisnis guest house patut Anda jalankan sebagai sebuah solusi.

Di berbagai kota-kota besar dimana setiap hari libur telah tiba jumlah pengunjung pun makin ramai dan dari mereka selalu mencari tempat penginapan. Tak jarang para pengusaha penginapan baik hotel, vila sering mengalami kewalahan dengan berbagai alasan. Bayaknya dari para pengunjung yang khususnya berlibur bersama keluarga lebih memang menggunakan guest house dibandingkan hotel. Penggunaan guest house memang membuat penggunaannya lebih nyaman, praktis dan leluasa. Dengan jumlah anggota yang banyak menjadi satu tempat penginapan tentu membuat keharmonisan keluarga lebih terjaga. Selain kenyamanan, tempat penginapan seperti guest house ini dari segi biaya bisa dikata lebih ekonomis dibandingkan menggunakan kamar hotel dengan harga sewa yang tinggi. Sebenarnya tidak hanya pengunjung yang datang berombongan saja yang sering menggunakan guest house. Namun bagi mereka yan berkunjung perorangan banyak yang menggunakan guest house dengan alasan lebih nyaman dan leluasa bagai menginap di rumah sendiri.

Peruntungan bisnis guest house memang dibilang sangat menjanjikan. Dari waktu ke waktu bisnis guest house terus tumbuh dengan sangat pesat. Prospek bisnis guest house memang untuk jangka kedepannya terbilang gemilang. Dimana setiap tahun, usaha ini makin tumbuh subur dan memiliki jumlah pengunjung yang makin meningkat. Pertumbuhan bisnis guest house yang menunjukan profit yang bagus membuat laba bisnis penginapan ini juga sangat tinggi. Banyak pengusaha bisnis guest house yang sukses dengan mendatangkan omset yang tinggi. Mungkin Anda berminat menjalankan bisnis guest house! Untuk memulai usaha guest house memang dibutuhkan beberapa tips. Terlebih bagi Anda yang baru pemula, dimana perlu mengetahui lebih dalam seluk beluk bisnis guest house secara detailnya. Untuk bisa menerjuni bisnis guest house dengan mudah, Anda perlu beberapa tips berikut.

Tips Dalam Memulai Menjalankan Bisnis Guest House

Apabila Anda meminati bisnis guest house, adapun tips yang bisa dipelajari dan ketahui sebelumnya adalah :

Tentukan lokasi

Dalam menjalankan bisnis guest house, penentuan lokasi memang memiliki peran yang penting. Sebuah hunian guest house terbaik tentu memiliki lokasi yang strategis dimana diketahui banyak orang serta mudah dijangkau. Sebisa mungkin pilih lokasi yang dekat dengan kota atau dekat dengan tempat wisata. Pastikan pula lokasi yang dipilih aman dari bencana seperti banjir atau longsor. Dengan melihat potensi lokasi maka bisa menentukan kelayakan tepat yang hendak akan dipilih.

Lihat kondisi rumah

Sebuah hunian guest house terbaik tentunya bisa membuat pengunjung merasa aman, nyaman dan betah. Lihat kondisi rumah yang digunakan, pastikan rumah yang dipakai masih bagus dengan pondasi bangunan yang kokoh, tidak mudah bocor juga terjaga kebersihannya. Buatlah sebuah hunian yang terasa nyaman dengan berbagai isi atau perabot rumah yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung.

Berikan kamar yang banyak

Seringkali pengunjung guest house memilih hunian dengan banyak kamar sehingga jumlah keluarga yang ditampung akan lebih memadai. Pastikan untuk memberikan hunian kamar yang lebih dari 3 dengan luas yang memaai. Pemberian kamar mandi dalam satu kamar memang membuat nilai plus.

Berikan halaman yang luas

Peran halaman rumah memang cukup penting dalam mengasup oksigen. Untuk itu berikan halaman luas dengan beraneka tanaman hijau yang membuat kesan sejuk dan segar. Hal ini juga membuat keindahan serta eksotisme rumah yang menyatu dengan alam.

Atur desain interior

Pengatuaran desain interior memang memberikan kesan sebuah hunian yang layak dan aman untuk dihuni. Buatlah dekor ruangan atau rumah dengan semenarik mungkin dengan tonjolan kreasi, dan inovasi menarik. Penataan ruang dengan proporsional perlu untuk diperhatikan. Desain yang direkomendasikan dari arsitek bisa membantu mewujudkan suatu keindahan ruang hunian. Hal ini juga membuat pengunjung merasa senang, betah dan nyaman dengan hunian yang rapi, indah dan sangat cantik.

Berikan fasilitas hiburan

Sebuah rumah hunian juga membutuhkan fasilitas hiburan yang membuat setiap penggunanya betah. Misal Anda dapat menyediakan televisi, PS, radio atau komputer. Atau bisa menyediakan tempat karaoke di dalam rumah yang membuat pengunjung merasa senang.

Berikan tempat parkir luas dan aman

Jika sebuah keluarga ingin menginap tentu mereka membutuhkan tempat parkir untuk kendaraan yang mereka bawa. Pastikan menyediakan tempat parkir yang mampu menampung kendaraan pengunjung dengan aman dan tempatnya luas.

Perizinan usaha

Mempunyai keterangan legalitas yang lengkap sangat dibutuhkan agar bisnis guest house tidak ada masalah. Anda dapat mengurua perizinan usaha terutama untuk bisnis guest house ke pemerintah atau pihak terkait.

Promosi

Peran pengujung memang sangat tinggi tehadap kesuksesan bisnis guest house. Oleh karena itu untuk menarik jumlah pengujung bisa dijalankan dengan cara promosi. Langkah promosi bisnis guest house bisa dilakukan dengan membuat iklan di media sosial atau website.

Mempekerjakan karyawan

Supaya bisnis guest house bisa berjalan lancar dan lebih professional. Peran karyawan dibutuhkan untuk pengelolaannya dalam mengurus usaha guest house Anda. Rekut karyawan baik bagian resepsionist, menangani pembukuan atau admistrasi hingga bagian perawatan rumah guest house. Dengan memperkerjakan karyawan sangat efektif dalam membuat usaha lebih lancar dan untung.

Demikian mengenai tips memulai bisnis guest house untuk Anda. Semoga info mengenai bisnis guest house yang masih sangat menjanjikan tersebut bisa membantu Anda khususnya bagi yang berniat menerjuni bisnis guest house. –chusnul-

(Visited 5251 times, 1 visits today)

Anda akan tertarik dengan yang ini

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *