Langkah Tepat Memulai Bisnis Cuci Motor

Aneka jenis usaha telah banyak tercipta dan memang tidak pernah ada habisnya untuk dijadikan sebagai bisnis menguntungkan. Potensi usaha saat ini yang semakin meningkat membuat banyak orang berfikir dengan memulai suatu usaha untuk bisa menjadi sukses. Banyak sekali pilihan untuk dijadikan sebagai usaha sampingan atau usaha tetap. Dalam menjalankan bisnis tentunya harus mengetahui potensi yang ada saat ini sehingga nantinya bisa menjalankan dengan mudah. Salah satu jenis bisnis yang menguntungkan dan mungkin diminati banyak orang ini ialah bisnis cuci motor. Bisnis cuci motor ini menjadi salah satu bisnis yang memanfaatkan keadaan sekitar seperti banyaknya pengguna kendaraan bermotor saat ini. Dengan menyediakan jasa pencucian motor maka pengguna kendaraan bermotor akan dengan mudah membersihkan kendaraan dengan cepat dan tanpa repot. Peluang bisnis cuci motor ini menjadi usaha paling potensial saat ini, telah kita ketahui sendiri bahwa kendaraan bermotor telah banyak dimiliki dan hampir setiap rumah memilikinya untuk transportasi dalam keseharian. Bisnis ini akan laris terutama disaat musim hujan yang membuat kendaraan menjadi kotor apalagi jika digunakan setiap hari. Selain itu banyak pengguna kendaraan yang terlalu sibuk dengan aktivitasnya dan tidak sempat mencuci motor. Maka kesempatan memulai bisnis cuci motor semakin besar. Apabila Anda tertarik untuk menjalankan bisnis pencucian motor maka silahkan simak dengan baik artikel ini.

langkat tepat memulai bisnis cuci motor niaga .v

Membuat Tempat Pencucian Motor

Bila Anda benar – benar sudah yakin ingin mencoba menjalankan bisnis pencucian motor maka perlu sekali menyiapkan lahan sebagai tempat operasional. Area yang dibutuhkan untuk membuka bisnis pencucian motor ini tidak membutuhkan lahan yang luas. Asalkan tempat sudah mampu menampung sebanyak 2 atau 3 motor saja dengan letak yang sejajar. Bila Anda memiliki lahan di depan rumah yang luas maka ini bisa dimanfaat dengan baik. Namun bila tidak memiliki lahan bisa membelinya atau menyewa dengan biaya setiap bulan dengan mencari lokasi usaha yang mudah diketahui orang. Selanjutnya menyediakan peralatan yang dibutuhkan untuk mencuci motor. Peralatan yang dibutuhkan ini seperti kompresor, pompa air, shampo motor, kanebo, serbet halus, pengkilap motor, kuas serta semir ban. Apabila peralatan ini sudah disiapkan dengan baik maka perlu menata secara rapi letak pencucian motor supaya lebih rapi dan menarik. Sediakan juga tempat yang nyaman bagi para pelanggan yang sedang menunggu kendaraannya di cuci.

Karyawan

Memulai usaha cuci motor ini maka Anda akan membutuhkan karyawan minimal dua orang guna membantu menjalankan sistem operasional pencucian motor dengan baik. Karyawan yang perlu Anda rekrut ialah anak muda yang masih pengangguran dan bisa dipilih dari lingkungan sekitar. Tentunya anak muda yang akan dijadikan sebagai pencuci motor ini dapat diandalkan dan bisa mencuci motor dengan baik dan benar. Agar para konsumen senang mencuci motor di tempat Anda maka latihlah karyawan untuk melayani dan mencuci motor dengan cepat dan hasil yang memuaskan. Pelayanan yang baik pasti akan membuat pelanggan mencuci motor mereka ke tempat Anda lagi. Pastikan bahwa karyawan mampu mencuci dengan tahap yang benar seperti menyemprot air menggunakan pompa air berkenan tinggi pada kendaraan guna merontokan kotoran atau lumpur yang melekat pada bagian sepeda motor yang sulit di jamah. Kemudian memberi shampoo motor dan membersihkannya dengan bersih, lalu membilas seluruh bagian sepeda motor dengan menggunakan pompa air bertekanan rendah, dan kemudian mengelapnya menggunakan lap spon atau kanebo. Langkah akhir supaya membuat sepeda motor bisa mengkilap ialah memberikan polesan pengkilap motor dan menyemir ban motor.

Lakukan Promosi

Untuk bisa mengenalkan tempat pencucian motor kepada masyarakat luas maka Anda perlu membuat promosi dengan baik dan benar dengan cara memberikan diskon untuk pencucian motor. Memberikan pelayanan gratis, melayani pelanggan dengan memberikan pembersihkan motor hingga mengkilap dan bersih. Memberikan kupon untuk pencucian motor gratis dengan mencuci di tempat Anda kurang dari 10 kali. Banyak hal yang bisa Anda lakukan guna membuat bisnis pencucian motor menjadi lebih mudah untuk dijalankan. Bila sudah mendapatkan ide untuk promosi maka agar tempat pencucian motor Anda diketahui orang perlu melakukan pemasangan spanduk yang besar dengan tulisan yang unik dan menarik.

Tips Sukses

Tips menjalankan usaha memang sangat penting untuk diketahui agar dalam menjalankan bisnis bisa lebih mudah dan lancar. Promosi menjadi hal yang dianjurkan untuk melancarkan bisnis pencucian kendaraan bermotor. Untuk bisa membuat promosi Anda dikenal dan diketahui banyak orang maka pilih media promosi yang tepat dan bagus. Seperti menyebarkan promosi dengan membuat brosur dan menyebarkannya ke berbagai tempat. Pastikan jika brosur mudah dibaca dan memiliki tulisan menarik, beri tambahan lokasi yang benar – benar akurat agar mereka yang tertarik bisa mengunjungi dengan mudah. Anda juga harus memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini untuk promosi yaitu promosi secara online supaya usaha pencucian motor lebih dikenal banyak orang. Cara lain supaya sukses berbisnis pencucian motor ialah memberikan tempat pencucian motor yang rapi dan bersih dengan pelayanan yang baik. Hasil pencucian motor pun harus mengkilap dan bersih agar para konsumen senang dengan pelayanan yang diberikan. Menyediakan ruang tunggu yang menarik dan nyaman supaya mereka betah dalam menunggu proses pencucian motor. Sediakan buku bacaan supaya mereka bisa menunggu sambil membaca buku agar tidak bosan.

Demikian pembahasan dari langkah tepat memulai usaha cuci motor, semoga informasi dari artikel diatas ini mudah untuk dipahami dan dimengerti. Selamat mencoba menjalankan bisnis cuci motor yang menguntungkan ini, semoga sukses. –Jujuk-

(Visited 308 times, 1 visits today)

Anda akan tertarik dengan yang ini

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *