Bagaimana Memulai Bisnis Catering Rumahan

Pada saat ini bisnis dibidang kuliner memang cukup banyak sekali memotivasi para pelaku bisnis pemula untuk melakukan maupun mencoba menekuni berbagai ragam bisnis kuliner, seperti membuka restoran, warung, supplier makanan dan distributor makanan ringan dan memulai membuka bisnis catering. Semakin banyaknya bisnis dalam bidang kuliner ini memang tidak pernah lepas dari fakta bahwa setiap orang akan selalu membutuhkan makanan sebagai kebutuhan primer sehingga dapat membuat bisnis kuliner menjadi salah satu bisnis yang tak pernah ada matinya. Nah, jika Anda memiliki hobi memasak serta bisa menghasilkan masakan dengan cita rasa yang nikmat, maka tak ada salahnya bila mencoba memulai bisnis catering dalam skala kecil. Sebagai contohnya catering rumahan. Melalui bisnis catering, hanya dengan modal kecil pun, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih menjanjikan hingga membuat dua kali lipat dari modal utama Anda. Bisnis catering memang menjadi sebuah bisnis yang dapat mendatangkan keuntungan yang lebih menjanjikan untuk Anda yang menggeluti bisnis ini.

memulai-bisnis-catering

Ketika ingin memulai bisnis catering memang memerlukan modal keahlian dalam mengolah masakan agar memiliki cita rasa yang lebih nikmat, memiliki keyakinan serta kerja keras untuk memulai hidup sukses dan manajemen bisnis yang bagus. Dengan begitu maka membuat peluang sukses untuk Anda yang ingin merintis bisnis catering akan selalu terbuka luas untuk Anda. Lalu bagaimana memulai bisnis catering rumahan dengan tepat? Agar bisa memulai bisnis catering rumahan dengan tepat, silahkan melihat beberapa hal yang kami sajikan berikut ini.

Permintaan katering

Permintaan terhadap catering akan terus meningkat selama bertahun-tahun. Pemicunya yaitu semakin meningkatnya jumlah rumah tangga berpendapatan tinggi, angka pernikahan dan acara perusahaan. Saat ini memang telah banyak perusahaan yang menggunakan jasa catering untuk melayani makan siang, pertemuan makan malam yang berguna untuk membangun citra serta untuk meningkatkan penjualan perusahaan mereka. Dengan gaya hidup seperti ini memang bisa memberikan peluang bagi pebisnis catering. Selain itu juga telah banyak para ibu rumah tangga yang menggunakan jasa catering untuk menyiapkan pesta dan tak pernah terlupakan bagi para tamu mereka. Meningkatnya jumlah ibu-ibu yang menggunakan jasa catering untuk melayani pesta ulang tahun, syukuran, serta resepsi pernikahan hingga membuat peluang bisnis jasa catering patut untuk dikembangkan.

Biaya bisnis catering

Usaha catering menawarkan kesempatan untuk memulai sebuah bisnis jasa makanan dengan investasi utama yang lebih rendah jika dibanding dengan membuka restoran. Tujuan utama dalam menjalani bisnis catering memang harus bisa memberikan pelayanan catering yang berkualitas, membuat setiap acara mengesankan, menyediakan pelayanan catering yang luar biasa. baik mulai dari pemilihan, persiapan makanan, peralatan, porsi makanan serta membersihkan daerah yang ditunjuk, koordinasi dan juga konsultasi makanan untuk melayani acara tertentu. Biaya bagi bisnis catering memang tergantung dari apa yang Anda masukkan ke dalam dapur.

Untuk menekan biaya awal, Anda bisa memulai bisnis catering dengan menyewa  perlengkapan memasak. Selain itu Anda juga bisa menyewa fasilitas dapur dari bisnis yang melayani penyewaan peralatan tersebut. Jika keuangan tersebut sudah stabil lalu Anda bisa membeli peralatan sendiri. Dengan menyewa peralatan, fasilitas, dan perlengkapan, Anda dapat menggunakan beberapa bulan pertama untuk membangun reputasi bisnis Anda, mengembangkan modal yang akan dipakai investasi, perluasan dan mengevaluasi berapa banyak waktu dan juga uang yang ingin diinvestasikan.

Potensi penghasilan

Potensi penghasilan dari bisnis catering memang tergantung pada ukuran acara yang dilayani. Sepertihalnya bisnis lain, bisnis catering juga memerlukan manajemen dan keterampilan organisasi bisnis yang baik. Kemampuan Anda menjaga biaya untuk operasi sambil mempertahankan pelayanan berkualitas tinggi juga sangat penting untuk diperhatikan. Banyak orang yang mengatakan bahwa keuntungan dalam bisnis catering merupakan yang terbaik di industri makanan dan minuman.

Nah, untuk mengurangi biaya, Anda bisa memanfaatkan rumah sebagai kantor, lalu mempekerjakan karyawan dan menyewa dapur dari restoran terdekat. Dengan sifatnya yang musiman, bisnis catering biasanya tidak memerlukan karyawan yang banyak sepanjang tahun. Namun, yang terpenting harus diperhatikan yaitu bisnis ini tidak hanya menyediakan makanan besar namun juga kualitas layanan. Staf catering juga harus merespon kebutuhan klien, fleksibel dan juga profesional.

Apa yang di butuhkan

Agar bisnis catering dapat berhasil dilakukan, maka dibutuhkan bakar dan passion dalam memasak. Dengan begitu, Anda juga harus memiliki perencanaan dan menjadi manager yang luar biasa. Selain itu Anda juga harus sangat terorganisir, namun cukup fleksibel saat menghadapi perubahan pada menit-menit yang terakhir.

Bagaimana dengan Anda setelah mengetahui cara tepat dalam mengawali bisnis catering rumahan? Tertarik dan ingin mencoba menggeluti bisnis ini? Jika Anda tertarik dalam bisnis catering, Anda pun bisa memulai mempersiapkan semua itu mulai dari saat ini. Perlu Anda ingat juga, bila ingin menjadi pengusaha catering yang sukses, maka membutuhkan lembaga kuliner yang signifikan bisa membantu meningkatkan kualitas dalam penyajian makanan dalam bisnis yang Anda jalani. Keberhasilan dalam usaha akan langsung berhubungan dengan perencanaan dan penerapan dari rencana itu sendiri.

Demikian informasi penting sekilas mengenai bagaimana memulai bisnis catering rumahan yang bisa Anda coba. Semoga adanya informasi diatas bisa memberikan kemudahan untuk Anda yang ingin memulai bisnis catering dan mampu menjadikan bisnis catering yang Anda jalankan semakin berjalan dengan lancar. – Lina.

(Visited 479 times, 1 visits today)

Anda akan tertarik dengan yang ini

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *