Tips Memulai Bisnis Sablon Kaos

sablon-kaos-niaga tv

Sablon? Kata-kata sablon tentunya sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat secara luas? Sebenarnya sablon adalah sebuah teknik mencetak gambar dengan tinta namun menggunakan bahan dasar dari kain seperti kaos dan jaket. Teknis sablon sebenarnya sudah ada sejak zaman dulu dan hingga saat ini masih sering digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat. Tak jarang ada beberapa kalangan masyarakat yang mencoba memanfaatkan peluang bisnis sablon kaos untuk menambah penghasilan sehari-hari. Bagi Anda yang belum memiliki usaha dapat memulai bisnis sablon kaos. Memulai bisnis sablon sangat mudah apalagi jika Anda mengetahui beberapa keunggulan dari teknik sablon pastinya ingin segera menjalankan bisnis sablon kaos. Beberapa keunggulan dari teknik sablon yang perlu Anda ketahui diantaranya dapat mencetak dalam jumlah banyak sekaligus sehingga lebih efisien, hasil cetakan juga lebih relatif stabil, Dapat menghasilkan beberapa efek menarik, biaya pencetakan juga lebih terjangkau, dan bisa digunakan untuk mencetak aneka jenis bahan kaos. Masyarakat yang berminat untuk menjalankan bisnis teknik sablon sangat banyak sekali karena teknik sablon sangat mudah sekali dalam proses pembuatannya. Selain itu bagi pemula yang ingin menjalankan bisnis sablon tidak perlu membutuhkan waktu lama dalam proses belajarnya dan modal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis sablon kaos juga tidak terlalu besar. Jika Anda ingin menjalankan bisnis cetak sablon Anda harus mengetahui beberapa cara kerja teknik sablon. Untuk cara kerja teknik sablon Anda dapat melihat penjelasan di bawah ini.

  1. Buat master cetak terlebih dahulu dengan menggunakan sebuah screen sablon.
  2. Langkah selanjutnya mengafdruk atau mengekspose sreen sablon tersebut.
  3. Jika screen sudah terafdruk sesuai dengan gambar yang diinginkan maka Anda bisa menyablon dengan menggunakan tinta yang diinginkan misalnya saja tinta kaos.
  4. Tinta kaos yang sudah dituangkan diatas sebuah screen sablon yang sudah terafdruk sebelumnya bisa didorong dengan menggunakan rakel sablon dengan tujuan agar tinta yang belum tersalurkan bisa dengan mudah tersalurkan melaui lubang kain.
  5. Jika sudah tercetak dengan hasil yang sempurna maka hanya perlu dikeringkan saja.

Setelah mengetahui cara pembuatan teknik sablon yang sangat sederhana tersebut Anda bisa mencoba menggunakan cara tersebut dalam bisnis sablon yang dijalankan. Dalam menjalankan bisnis sablon kaos Anda juga harus mengetahui beberapa tips penting yang perlu diketahui yang dapat menunjang bisnis sablon kaos yang dijalankan bisa dapat berjalan dengan lancar. Mengenai tips apa saja dapat dilihat dari penjelasan yang ada di bawah ini.

sablon-kaos-niaga tv

Membuat Ide Keren?

Agar bisnis sablon yang dijalankan bisa dapat berjalan lancar dengan seiring berjalan waktu sebaiknya sebagai pembisnis sablon harus bisa membuat ide-ide baru tentang desain gambar sablon yang unik dan menarik serta modis. Apalagi pada saat ini banyak kalangan anak muda yang menyukai kaos distro dengan berbagai gambar sablon yang menarik Anda bisa memanfaatkannya sebagai nilai potensi usaha yang dapat Anda kembangkan.

Target Pasaran Bisnis Sablon?

Jika Anda ingin memulai bisnis sablon sebelumnya harus bisa menentukan target pasaran yang akan dituju, Jika target yang dituju kalangan anak-anak Anda harus bisa menyajikan baju sablon dengan gambar-gambar anak yang disukai pada saat ini. Apabila target yang dituju kalangan remaja Anda harus bisa membuat desain gambar yang saat ini lagi modis dan ngetren. Dengan membuat kaos yang diberi salon dengan desain menarik tentunya akan membuat konsumen yang akan membeli kaos sablon yang Anda buat semakin tertarik untuk mendapatkannya.

Mencari Tempat Koveksi Kaos?

Dalam menjalankan bisnis sablon tentunya diperlukan kaos yang masih polos dalam jumlah yang banyak. Dengan hal ini sebagai pengusaha sablon Anda harus mencari kaos di tempat koveksi. Pencarian kaos polos di tempat konveksi jauh lebih ekonomis karena harga jualnya sangat miring jika dibandingkan dengan harga pasaran. Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis sablon jangan membeli kaos polos di pasaran namun alangkah baiknya untuk memebli kaos di sebuah konveksi. Pencarian kaos di koveksi juga akan lebih mengemat biaya yang dikeluarkan selain itu keuntungan yang diperoleh nantinya juga akan lebih besar.

Mencari Lokasi Bisnis Sablon yang Tepat?

Dalam menjalankan bisnis sablon agar bisa diketahui oleh semua kalangan masyarakat sebagai pembisnis Anda harus mencari lokasi yang tepat dalam artian lokasi yang strategis yang dapat menunjang kelancaran bisnis sablon yang dijalankan. Untuk pemilihan lokasi yang tepat untuk menjalankan bisnis sablon kaos sebaiknya di lokasi yang mudah dijangkau oleh masyarakat seperti di tempat ramai.

Memperhatikan Harga Jual Kaos?

Agar bisnis sablon kaos yang dijalankan mudah dijangkau oleh semua kalangan masyarakat secara luas usahakan untuk mematok harga jual kaos dengan harga yang tidak terlalu tinggi. Asalkan keuntungan yang diperoleh sudah sewajarnya maka Anda tidak perlu menjual kaos sablon dengan harga mahal.

Menjual Eceran dan Grosir?

Dalam menjalankan bisnis sablon Anda bisa menjual kaos sablon secara eceran dan ritel. Sebenarnya untuk keuntungan yang diperoleh sama saja asalkan bisnis sablon ditekuni dengan benar.

Pemasaran Secara Online?

Cara mudah untuk memasarkan kaos sablon dengan cepat dan menjanjikan bisa dilakukan dengan cara pemasaran secara online. Dengan memasarkan kaos sablon secara online akan banyak berbagai kalangan masyarakat yang lebih mudah menjangkau bisnis sablon kaos yang Anda jalanka. Pemanfaatan media sosial yang dapat digunakan untuk pemasaran kaos sablon diantaranya seperti fb, instagram, twitter dan masih banyak lagi.

Demikian tadi beberapa penjelasan penting yang dapat dilakukan untuk memulai bisnis sablon kaos dengan mudah. Semoga dengan adanya penjelsan di atas bisnis sablon yang dijalankan bisa berjalan dengan sukses. -Desy-

(Visited 570 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *