Tips Memulai Bisnis Jasa Logistik

memulai-bisnis-jasa-logistik

Perusahaan logistik merupakan salah satu jenis perusahaan yang khusus memberikan jasa pengaturan, penyimpanan, pengangkutan dan juga pengiriman produk klien mereka. Perusahaan pabrikan / manufaktur yang ramping akan memberikan fungsi logistik kepada pihak ketiga untuk mengurangi dana serta meningkatkan efisiensi dalam rantai pasokan pada mereka. Semakin banyaknya perusahaan yang menyadari bahwa manfaat dari sistem operasional yang ramping dan penggunaan pihak ketiga untuk fungsi-fungsi operasionalnya, maka membuat permintaan untuk penyedia layanan logistik tidak diragukan lagi sebab bisnis logistik akan terus meningkat sepanjang masa. Di era yang serba mementingkan proses yang serba instan dan juga lebih efisien seperti yang sekarang ini sudah banyak perusahaan maupun instansi yang tidak mau direpotkan oleh berbagai urusan misalnya saja proses distribusi, pengiriman maupun menyimpanan barang. Selain itu bisnis jasa logistik juga sering muncul dimasyarakat, hal ini sebabkan banyaknya kalangan masyarakat yang sering melakukan berbelanja online. Maka tak heran bila bisnis jasa logistik belakangan ini juga semakin naik daun. Dengan demikian, nilainya bisnisnya akan terus meningkat dari tahun ke tahun sehingga peluang usaha bisnis jasa logistik patut untuk diperhitungkan. Untuk Anda yang saat ini ingin memiliki rencanan untuk memulai bisnis jasa logistik, Anda bisa memulainya mulai dari saat ini. Namun sebelum Anda terjun langsung dalam bisnis jasa logistic ini dibutuhkan beberapa hal yang terkait dengan protensi usaha ini. Untuk itu, disini kami akan memberikan beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis jasa logistik ini.

memulai-bisnis-jasa-logistik

Langkah Pertama

Menentukan jenis layanan logistic yang akan Anda tawarkan pada klien Anda. Sebuah perusahaan logistic bisa menyediakan berbagai layanan khusu termasuk untuk penyimpanan, transportasi darat atau trucking, pengiriman melalui udara, trasportasi melalui udara, pengiriman paket atau courier maupun manajemen rantai pasokan terintegrasi atau integred supply chain management. Untuk itu, pilihlah layanan dimana Anda atau orang kepercayaan Anda memiliki pengalaman yang cukup pada bidang tersebut dan akan memberikan keunggulan kompetitif dalam persaingan di pasar industry jasa logistik ini.

Langkah Kedua

Mendaftarkan bisnis dan juga perusahaan Anda. Perusahaan logistic yang ada di Indonesia dapat diberbentuk melalui perusahaaan perorangan, perusahaan komanditer atau CV, maupun perseroan terbatas atau sering disebut dengan PT.

Langkah Ketiga

Menyediakan permodalan. Untuk masalah permodalan memang cukup penting harus diperhatikan. Perusahaan logistic memang akan membutuhkan sejumlah besar uang maupun fasiliras kredit yang diperlukan didepan untuk menyediakan sebuah fasilitas, kendaraan, teknologi dan juga peralatan-peralatan yang lain yang dibutuhkan dalam menjalani bisnis logistic ini. Setelah itu membuat renacan bisnis atau sering disebut dengan business plan yang berguna untuk menyajikan model bisnis Anda pada pemilik modal dan juga investor agar mendapatkan uang yang Anda butuhkan untuk membeli peralatan sebagai awal kerja Anda. Dan selanjutnya Anda juga harus mempertimbangkan membawa satu mitra maupun dua mitra ke dalam bisnis yang berguna untuk meningkatkan sumber daya finasial.

Langkah Keempat

Membeli peralatan dan juga fasilitas yang sesuai untuk jenis layanan yang Anda tawarkan pada klien Anda tersebut.Pembelian kendaraan danjuga ruang penyimpanan yang cukup untuk menangani volume yang Anda harapkan untuk beberapa tahun pertama. Dan jangan mencoba untuk memulai bisnis terlalu kecil, untuk itu belilah peralatan yang cukup agar dapat secara simultan melayani beberapa pelanggan sekaligus di awal untuk mendapatkan momentum yang cukup baik dalam industri jasa logistic ini.

Langkah Kelima

Mempromosikan bisnis jasa logistik. Promosi dalam bisnis jasa logistik memang cukup epnting dilakukan dalam memulai bisnis jasa logistik ini. Sebab melalui promosi semua orang akan mengetahui bisnis apa yang saat ini Anda jalankan dan membuat bisnis jasa logistik yang dijalankan semakin lancar. Promosi bisnis logistik ini bisa saja dilakukan melalui media iklan. Misalnya saja melalui media internet, news letter, buku telepon, surat kabar dan berbagai media yang lain.

Langkah Keenam

Menerapkan teknologi supply-chain-management. Dengan menerapkan aplikasi tersebut manajemen logistik bisa membantu Anda untuk melacal keberadaan barang kiriman miliki klien Anda, hal ini tentu akan meningkatkan pelayanan dan juga kepercayaan klien dan meningkatkan control atas operasional pengiriman barang, dimana mana akan teruas meningkatkan pendapatan dalam perusahaan Anda.

Kunci sukses

Agar bisnis jasa logistik dapat berjalan dengan lancar maka selalu berikan pelayanan prima kelapa setiap pelanggan. Sebagai contohnya, pastikan kendaraan selalu dalam keadaan baik, mengusahakan untuk selalu tepat waktu dalama memberikan pelayanan dan juga bisa memberikan harga yang berani bersaing. Dengan memberikan pelayanan prima, secara tidak langsung Anda juga sudah mempromosikan bisnis jasa logistik ini.

Demikian cara untuk memulai bisnis jasa logistik yang perlu Anda keatahui. Bisnis jasa logistik memang akan terus meningkat terus hingga sepanjang masa, tak ada salahnya juga bila Anda menerjuni dalam bisnis jasa logistik ini sebab keuntungan yang didapatkan pun juga cukup besar sehingga cukup menjanjikan untuk dijalankan. Semoga informasi diatas tentang bisnis jasa logistik yang kami berikan bisa berguna dan bermanfaat bagi Anda semua. Terima kasih. – Lina.

(Visited 3,130 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *