Tips Memulai Bisnis Ikan Lele yang Menguntungkan

Tips Memulai Bisnis Ikan Lele yang Menguntungkan-niagatvIkan lele merupakan jenis ikan yang memiliki banyak penggemar. Ikan lele disukai banyak orang lantaran dagingnya sangat gurih serta tidak mempunyai banyak duri. Ikan air tawar ini juga memiliki harga yang lebih ekonomis. Ikan lele juga sangat cocok diolah dalam berbagai jenis makanan dan masakaan yang tentunya sangat nikmat dan lezat. Peminat ikan lele memang sangat tinggi dipasaran, hal ini membuat sebuah peluang bisnis yang menjanjikan. Bisnis ikan lele menawarkan laba yang sangat menggiurkan dengan segala potensi yang ada. Memulai bisnis ikan lele suatu langkah yang mampu memberikan untung yang besar. Ikan lele menjadi salah satu hewan yang mudah dibudidaya dengan pertumbuhannya sangat cepat. Tak heran jika peminat bisnis ikan lele sangat tinggi.

Mengawali bisnis ikan lele bisa dilakukan baik di daerah pedesaan hingga perkotaan. Lewat usaha budiaya ikan lele mampu mendatangkan penghasilan tambahan dengan nilai yang menjanjkan. Dewasa ini, bisnis ikan lele menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Peminat bisnis ikan lele dari tahun ke tahun terus meningkat dan bisa dibilang bisnis ini tak pernah surut. Tingkat pertumbuhan bisnis ikan lele memang dari waktu ke waktu sangat pesat. Permintaan pasar yang terus meningkat membuat peluang bisnis ikan lele patut diperhitnhgkan. Kebutuhan ikan lele memang sangat tinggi dikarenakan penggemar ikan lele baik konsumsi rumah tangga, rumah makan, restoran hingga pengusaha camilan berbagai lele makin meningkat. Prospek bisnis ikan lele memang dari waktu ke waktu kian cemerlang. Anda tertarik menerjuni bisnis ikan lele yang menguntungkan ini! Bagaimana cara untuk memulai atau membangun bisnis ikan lele yang mengutungkan? Penasaran ingin mengetahui cara memulai dari bisnis ikan lele?

Untuk dapat menjalankan bisnis ikan lele memang dibutuhkan beberapa masukan. Masukan bisnis adalah beberapa tips yang bisa dicoba agar sukses menjalankan usaha ikan lele. Adapun beberapa tips dalam memulai usaha ikan lele diantaranya :

Ketahui jenis ikan lele yang hendak dibudidayakan

Jika hendak akan membudidayakan ikan lela, maka Anda perlu mengetahui jenis ikan lele apa yang ingin dibudidayakan juga jenis makanannya.

Siapkan kolam ikan lele

Penyedian tempat atau lahan untuk tempat hidup ikan lele memang penting. Pembuatan kolam bisa dimulai dengan cara tinjauan tempat. Kemudian tanah dapat dikeruk dengan ukuran kedalaman minimal 50 cm. Berikutnya lahan tanah yang sudah dikeruk dapat di buat rangka yang digunakan untuk tempat terpal kolam ikan lele juga bisa menggunakan bambu juga rangka khusus terpal.  Dapat Anda pastikan jika posisi dengan kerukan tanah persisi. Kemudian masukan terpal kedalam kerukan kolam ikan lele tersebut. Selanjutnya pasang terpal dengan hati-hati juga dapat pastikan agar terpal tidak bocor. Jika terpal sudah terpasang secara baik di kolam yang telah dikeruk, kemudian masukkan air dan ikan lele di dalamnya.

Siapkan Air kolam

Peran air dalam budidaya ikan lela juga sangat utama. Banyaknya penyakit juga matinya ikan lele bisa disebabkan oleh kondisi air yang tak sesuai syarat. Pertumbuhan ikan lele sangat bergantung dengan kondisi air. Pastikan pula jika kondisi air tidak keruh dan kotor, perhatikan PH air dan rutin menguras kolam saat sudah kotor. Dengan mengkondisikan kondisi air yang stabil maka akan membuat pertumbuhan ikan lele menjadi cepat, sehingga masa panen akan lebih cepat.

Pemilihan Induk

Untuk bisa memperlancar budidaya ikan lele memang dibutuhkan indukan dari ikan lele. Dalam pemilihan indukan lele untuk pembibitan pastikan memilih indukan dengan kualitas yang bagus dan tentunya kondisi sangat sehat. Adapun syarat pemilihan indukan untuk pemijahaan ikan lele yang bagus yakni :

Induk ikan lele jantan mempunyai tanda :

  • Warna ikan lele lebih gelap.
  • Tulang kepala memiliki bentuk lebih pipih.
  • Kondisi perut ramping dimana tidak terlihat lebih besar daripada bagian punggung.
  • Alat kelaminnya ikan lele jantan berbentuk runcing.

Induk ikan lele betina bertanda :

  • Tulang kepala memiliki bentuk lebih cembung.
  • Warna badan ikan lele lebih cerah.
  • Kondisi perut mengembang lebih besar dibandingkan punggung.
  • Alat kelamin ikan betina memiliki bentuk bulat.

Pemberian Pakan

Perhatikan cara dalam pemberian ikan lele yang dibudidayakan. Pemberian pakan yang dilakukan dengan salah dapat mengakibatkan pemborosan serta dapat membuat ikan lele menjadi mati. Cara dalam pemberian pakan bisa dilakukan sebanyak 3 kali secara rutin setiap hari. Misal pemberian pakan lele bisa dilakukan mulai jami 6 pagi, jam 4 sore dan jam 10 malam.

Pemeliharaan Ikan Lele

Untuk pemeliharaan ikan lele dengan pembesaran ikan lele ukuran siap jual yakni berukuran 5 – 7 cm, 7 – 9 cm serta 9 – 12 cm dengan variasi harga berbeda. Untuk kolam pendederan di bagian permukaannya dapat diberikan pelindung berupa enceng gondok juga penutup dari plastik dengan fungsi menghindari naiknya suhu air dengan menyebabkan ikan lele mudah mengalami stress. Ikan lele memang jenis ikan yang senang bersembunyi di daerah yang tertutup. Untik pemberian pakan bisa dilakukan sejak anakan lele mulai dipindahkan ke kolam pendederan. Pemberian pakan alami untuk ikan lele sangat bagus mulai dari bekicot, rayap, kerang, keong emas dan lainnya. Khusus untuk ikan lele yang usia 1 bulan bisa ditempatkan di lokasi pemisahan.

Demikian mengenai beberapa tips memulai bisnis ikan lele yang menjanjikan. Dengan menyimak tips dalam budidaya ikan lele, maka pengetahuan beternak ikan lele akan lebih mudah. Semoga dengan hadirnya tips dalam memulai budiaya ikan lele diatas bisa bermanfaat bagi Anda. –chusnul-

(Visited 136 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *