STDI Imam Syafi’i Jember, Mencetak Muslim Ahlussunah Intelektual, Profesional & Berkemajuan

Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah (STDI) Imam Syafi’i Jember merupakan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) yang menyelenggarakan pendidikan tinggi bagi generasi Islam sesuai dengan ajaran agama yang benar dan berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah sesuai pemahaman para sahabat.

Daftar Isi

VISI

Menjadi perguruan tinggi terkemuka dalam melahirkan intelektual muslim Ahlussunnah yang profesional dan berkemajuan.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang unggul dalam bidang Studi Islamdengan menitikberatkan pada metode berpikir secara kritis, ilmiah, dan moderat sesuai pemahaman Ahlussunnah wa Al Jamaah.
  2. Melakukan penelitian dan pengkajian tentang keilmuan Islam yang tengah berkembang di masyarakat dalam skala regional, nasional dan internasional.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil pendidikan, pengajaran, dan penelitian terhadap nilai-nilai Islam.
  4. Menyelenggarakan darma perguruan tinggi dengan basis bahasa Arab sebagai unsur utama dalam proses pendidikan dan penelitiannya, serta memasyarakatkan bahasa Arab melalui darma pengabdian dan dakwah keislaman.
  5. Menyediakan dan meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang dapat mendukung proses pendidikan secara maksimal.
  6. Menyediakan dan meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana prasarana yang dapat menunjang proses pendidikan secara maksimal.
  7. Menyediakan bahan bacaan yang representatif dan berbagai sarana prasarana lain yang dapat menunjang proses penelitian dan pengkajian tentang ilmu-ilmu Islam.

Saat ini STDI Imam Syafi’i membuka dua program studi S-1 yaitu :

  1. Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhsyiyyah), dengan gelar akademik Sarjana Hukum (S.H).
  2. Ilmu Hadits, dengan gelar akademik Sarjana Agama (S.Ag).

dua Program Studi tersebut telah terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Selain program Strata-1, STDI Imam Syafi’i juga membuka Program Persiapan Bahasa (I’dad Lughowi). Dengan tenaga pengajar yang berasal dari lulusan Universitas Islam Madinah, LIPIA Jakarta, STDI Imam Syafi’i dan lain-lain, program ini dibagi menjadi dua jejang yaitu :

  1. Program I’dad Lughawi Pemula, yaitu Program Belajar Bahasa Arab bagi yang belum pernah belajar bahasa Arab.
  2. Program I’dad Lughawi Lanjutan, yaitu Program Belajar Bahasa Arab bagi lulusan I’dad Lughawi Pemula atau lulusan pondok pesantren yang ingin memperdalam bahasa arab atau sebagai persiapan mendaftar program S-1.

Simak profil lengkap dari STDI Imam Syafi’i Jember :

(Visited 12 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *