Memulai Bisnis Food Truck dengan Omzet Menjanjikan

Menjalankan usaha makanan memang menjadi salah satu usaha yang bisa dilakukan dengan mudah. Dengan banyaknya pengusaha makanan banyak berbagai konsep yang diterapkan dalam usaha tersebut. Salah satu konsep bisnis makanan yang masih baru dan bisa Anda terapkan dalam usaha makanan yang Anda jalani adalah konsep kendaran. Konsep kendaraan sering dikenal dengan food truck. Food truck adalah bisnis makanan yang menggunakan konsep kendaraan sehingga akan terlihat menarik dan lebih modern. Bisnis food truck pada saat ini sudah menjamur dikalangan masyarakat secara luas terutama di kota-kota besar. Meskipun memulai bisnis food truck bisa dilakukan dengan mudah namun usaha yang menghasilkan omzet tinggi seperti food truck juga mempunyai beberapa resiko yang lumayan besar seperti mengalami kebangkrutan. Segala bisnis jika dicermati memang akan mengalami resiko entah itu resiko besar ataupun resiko kecil. Dengan hal ini sebagai pengusaha makanan yang menjalankan bisnis food truck harus benar-benar berhati-hati dan mempersiapkan beberapa tips penting yang dapat mendukung kelancaran bisnis food truck. Menjalankan bisnis food truck sebenarnya hampir sama dengan menjalankan bisnis makanan seperti di restoran hanya dalam menjalankan bisnis food truck bisa dilakukan dimana saja karena lokasi penjualan food truck tidak terbatas dan tidak hanya menetap dalam satu lokasi saja. Memilih mengembangkan bisnis food truck juga menjadi salah satu langkah yang bagus untuk memperluas bisnis industri makanan. Untuk memulai bisnis food truck Anda bisa mengetahui sajian tips penting yang dapat menunjang kelancaran usaha seperti yang disediakan berikut ini.

bisnis food truck

Meminta Izin Usaha?

Dalam menjalankan bisnis food truck tidak semua lingkungan bisa menerima kedatangan bisnis food truck yang Anda jalankan. Untuk langkah pertama yang harus dilakukan Anda harus meminta izin lokasi tersebut boleh digunakan untuk menjalankan bisnis food truck atau tidak. Dengan hal ini Anda harus bisa menentukan lokasi yang benar-benar tepat untuk memulai bisnis food truck.

Menyediakan Kendaraan yang Digunakan?

Langkah berikutnya yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis food truck adalah menyiapkan kendaraan yang digunakan. Untuk mempersiapkan kendaran lebih murah jika dibandingkan harus membuka usaha seperti restoran yang memutuhkan modal besar dalam menjalankannya. Untuk membeli truk makanan hanya membutuhkan modal ratusan juta rupiah saja sehingga modal yang diperlukan untuk memulai bisnis food truck tidak terlalu besar dan bisa dilakukan oleh siapa saja yang ingin menjalankannya. Apabila Anda belum mempunyai modal yang cukup dalam menjalankan usaha food truck bisa mencari biaya modal dengan memijam ke bank atau investor.

Membuat Surat Izin Resmi?

Agar bisnis food truck bisa dijalankan dimana saja sebagai pengusaha Anda harus bisa mengajuka permohonan surat izin yang benar-benar resmi. Resmi dalam artian telah disetujui oleh beberapa pihak sehingga apabila terjadi sesuatu Anda bisa menuntut kepada pihak yang berwenang. Biasanya untuk permohonan izin hanya dibatasi dalam satu area saja sehingga kurang efisien.

Kesehatan dan Keselamatan?

Sebagai pengusha food truck Anda harus memperhatikan kesehatan olahan makanan yang Anda buat. Gunakan bahan-bahan yang berkualitas dan aman sehingga keselamatan konsumen dapat di nomor satukan. Segala makanan yang akan diberikan kepada konsumen sebaiknya harus disimpan dengan benar dan disajikan dalam kondisi sanitasi serta pada suhu yang tepat. Untuk membuat konsumen yakin dengan olahan food truck menyehatkan Anda bisa mengajukan permohonan kesehatan. Segala peraturan untuk membuat olahan makanan yang aman harus diperhatikan secara detail.

Memperhatikan Persaingan Restoran dan Food Truck?

Tidak semua restoran bisa dengan mudah menyambut baik kedatangan food truck karena persaingan usaha ke duanya sangat ketat sekali. Tidak heran lagi jika pengusaha food truck lebih memilih lokasi yang jauh dari restoran sehingga akan menunjang kelancaran bisnis food truck yang akan dijalankan.

Lokasi yang Tepat?

Untuk memilih lokasi usaha food truck sebaiknya Anda memilih lokasi yang ramai dan sering dikunjungi oleh banyak masyarakat. Dengan memilih lokasi yang ramai dan sering dikunjungi oleh masyarakat akan membuat bisnis food truck yang dijalankan mudah dikenali masyarakat secara luas dan secara otomatis pastinya akan mampir untuk menikmati olahan food truck yang Anda jalankan dalam usaha.

Memasarkan Food Truck Melalui Media Sosial?

Untuk menarik minat konsumen atau pelanggan agar berkunjung dalam bisnis food truck yang Anda jalankan sebagai pengusaha tidak hanya diam saja namun harus memperhatikan beberapa cara pemasaran yang menarik. Cara pemasaran yang saat ini mudah dilakukan hanya dengan memasarkan melaui media sosial seperti facebook, twitter, instagram dll. Menawarkan bisnis food truck melaui media sosial jauh lebih efisien dan praktis karena kemajuan teknologi pada saat ini menjadi penunjang kelancaran setiap usaha appaun.

Memberikan Pelayanan Memuaskan?

Sebagai pengusaha food truck harus bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk setiap konsumen dan pelanggan yang berkunjung. Pelayanan memuasakan bisa dimulai dari hal kecil seperti selalu ramah dan senyum terhadap konsumen yang datang. Dengan cara seperti ini pelanggan yang berkujung akan senang dengan pelayanan yang diberikan dan akan datang kembali dalam bisnis food truck yang dijalankan.

Demikian tadi beberapa tips penting dalam memulai bisnis food truck yang perlu Anda ketahui. Semoga dengan adanya sajian tips-tips yang disediakan di atas akan membuat bisnis food truck bisa berjalan lancar dengan menghasilkan omzet yang menjanjikan. -Desy-

(Visited 592 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *