Memulai Bisnis Export Import Menguntungkan

Saat ini perdagangan internasional menjadi industry populer dan menguntungkan. Perdangan internasional export dan import ini memang telah menjadi bagian pada sistem perekonomian seluruh dunia. Banyak sekali Negara besar yang telah melakukan perdagangan internasional seperti halnya Indonesia. Ekspor dan import ini transaksi perdagangan dunia yang dilakukan dengan skala wilayah yang sangat besar. Beberapa produk yang diperdagangkan ini ialah seperti produk kecantikan, barang elektronik, hasil bumi, barang material dan sebagainya. Perdagangan internasional ini banyak dilirik hal ini karena profitnya yang besar serta menjadi suatu kebanggan tersendiri jika mampu melakukan ekspor serta import pada suatu komoditas. Apabila Anda telah memiliki kemampuan dalam menjual suatu produk serta mampu mempromosikannya maka usaha export serta import sangat sesuai untuk Anda jalankan. Namun dalam menjalankan bisnis ini Anda perlu mempertimbangkan resiko dan keuntungan yang di dapatkan. Supaya bisa menjalankan usaha ini butuh sekali keinginan yang kuat serta tekat dalam membuat bisnis ini bisa berjalan. Apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis export import yang mampu mendatangkan keuntungan besar ini? Lalu bagaimana cara untuk dapat mencoba bisnis export import ini? Silahkan disimak dengan baik pada artikel ini untuk bisa mencoba berbisnis secara export dan import.

memulai bisnis export  import menguntungkan niaga.tvTerlebih dahulu kita pelajari mengenai pengertian dari export dan import supaya lebih jelas dan nantinya bisa memahami bisnis ini. Export atau ekspor ini memiliki artian yaitu proses transportasi barang dari sebuah negara keluar dari negara lain secara legal. Negara melakukan pengeluaran komoditas atau barang dari dalam negeri dan kemudian mengirimkannya ke negara lainnya. Biasanya barang yang dikirimkan dengan jumlah yang sangat besar ini memerlukan campur tangan dari pemerintah seperti bea cukai dari negara penerima atau negara pengirim. Sedangkan Import atau impor ialah proses transportasi barang dari negara lain yang masuk ke negara dengan cara legal. Sehingga kedua jenis kegiatan ekspor dan impor ini sebenarnya memiliki devinisi yang sama karena sama – sama masuk dalam proses perdagangan yang melibatkan seluruh negara di dunia.

  • Langkah awal dalam berbisnis ekspor dan impor ini ialah dengan menyediakan fasilitas penting untuk mendukung jalannya bisnis ekspor dan impor. Fasilitas yang dibutuhkan ini antara lain telepon, kartu nama, sistem file. Guna membuat surat penawaran Anda ini terlihat professional dan berkelas maka buatlah desain timbul dengan memberikan warna emas untuk kepala surat yang akan digunakan.
  • Mencoba melakukan kontak, melakukan kontak menjadi salah satu langkah yang penting supaya bisa mendapatkan rekan guna membantu melancarkan bisnis ini. Jika kebetulan Anda memiliki keluarga atau rekan yang ada di negara asing maka cobalah untuk bekerjasama dengan membangun bisnis pada suatu negara tersebut. Anda perlu memprediksi terlebih dahulu guna mencari peluang usaha baru pada negara tertuju dan mempertimbangkan risiko serta keuntungan yang didapat.
  • Mempersiapkan mail campaign untuk memulai usaha export import ini menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan perusahaan Anda ke berbagai perusahaan besar. Daftarlah semua kemungkinan kontak kemudian buatlah surat perkenalan perusahan dan sertakan nama juga alamat yang benar.
  • Memperoleh informasi, dengan mengetahui informasi maka Anda bisa memperkaya pengetahuan Anda mengenai perdagangan bisnis saat ini. Dengan cara membaca di surat kabar internasional, majalah berita internasional dan sebagainya. Pelajari juga mengenai laporan keuangan untuk menganalisa serta menemukan target pasar.
  • Carilah informasi yang dibutuhkan untuk mencari tahu apa saja yang dibutuhkan oleh pasar, apabila perusahaan ialah produsen makan mintai catalog atau sampel. Gambaran tentang distributor produk serta permintaan produk pada negara tujuan eksport.
  • Mengetahui prosedur dalam melakukan export dan import.
  • Jika Anda berhasil mendapatkan rekan dari luar negeri dan mau menerima produk yang ditawarkan maka mulai bisnis ini secara hokum. Untuk mengamankan perijinan usaha dan mendapatkan ijin khusus guna memulai bisnis ekspor serta impor ini.

Jadi jika Anda ingin menjalankan bisnis ekspor dan impor barang maka perlu mengetahui aturan dalam menjalankannya. Pelajari terlebih dahulu sampai benar – benar paham supaya nantinya bisa menghasilkan keuntungan bukan malah kerugian. Selain beberapa hal diatas pahami juga cara dalam mengirim barang ke negara lain, cara untuk memilih jasa cargo yang baik dan aturan lainnya. Pengetahuan dalam ekspor impor sangat dibutuhkan supaya bisnis bisa berjalan dengan tegak dan lancar. Beberapa jenis bisnis ekspor dan impor yang bisa ditekuni seperti bisnis ekspor impor batik, ekspor impor kayu, ekspor impor buah, ekspor impor kopi, ekspor impor ikan, ekspor impor kerajinan dan sebagainya. Nah, bagaimana apakah Anda tertarik mencoba menjalankan bisnis ekspor dan impor? Bisnis yang memang membutuhkan tekad kuat untuk bisa menjalankannya.

Demikianlah pembahasan dari artike tentang memulai usaha export import, semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari tahu mengenai bisnis ini. Mari sejak sekarang memulai usaha ekspor dan impor barang supaya kita bisa memenuhi kebutuhan di Indonesia yang memang diperlukan dan membantu negara dalam memperoleh devisa dari luar negeri. Selamat mencoba. –Jujuk-

(Visited 2048 times, 1 visits today)

Anda akan tertarik dengan yang ini

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *