Memulai Bisnis Ekspor Dengan Baik

Kegiatan usaha usaha yang baik untuk dijalankan adalah dengan merintis kegiatan usaha ekspor. Kegiatan usaha dalam bidang perdagangan ekspor ini memang dapat dikatakan sebagai kegiatan usaha yang memiliki peluang untuk dapat berkembang. Salah satu manfaat yang akan Anda dapatkan jika Anda menjalankan kegiatan usaha perdagangan ekspor ini Anda bisa menjual barang dagangan Anda ke seluruh dunia. Untuk memulai bisnis ekpor ini memang tidak dibutuhkan sebuah pengalaman namun untuk menjalankan kegiatan usaha ekspor ini Anda harus memiliki jiwa managemen bisnis yang baik untuk mengatur kegiatan usaha ini.agar bisa Sukses memenuhi kebutuhan bisnis ekspor memerlukan perhatian ekstra dan detil. Dalam menjalankan kegiatan usaha yang bergerak dalam bidang ekspor pada umunya Anda ingin mencari jaringan yang bisa dijadikan untuk partner kerja. Jika Anda ingin menjalankan usaha yang bergerak dalam bidang ekspor dan bekerja sama dengan sebuah perusahaan. Maka Anda harus mendaftarkan kegiatan usaha Anda untuk mendapatkan asuransi. Dalam hal ini Anda dituntut untuk mencari cara yang efektif dalam mencari rekan kerja.

images-niagaTVPada umunya jika Anda ingin memulai usaha ekspor ada beberapa dokumen yang harus Anda lengkapi. Adapun beberapa dokumen yang harus ada ketika Anda menjalankan kegiatan usaha ekspor ini adalah sebagai berikut :

  1. Surat kontrak penjualan yang berisi tentang kesepakatan antara eksportir dan importir. Isi dari surat kontrok tersebut adalah : Deskripsi barang yang akan diekspor, Jumlah barang yang akan diekspor, Harga satuan dan total harga barang yang akan diekspor, Pelabuhan tujuan yang akan dituju untuk mengirimkan barang yang diekspor , Syarat pembayaran, Dan syarat penting lainnya.
  2. Faktur perdagangan. Faktur adalah sebuah dokumen yang diterbitkan oleh pihak yang mengirim bakar ke luar negara yang ditujukan untuk pihak importir. Dalam dokumen faktur ini berisi tentang barang yang diekspor. Kegunaan dari faktur ini adalah sebagai bukti transaksi bahawa telah melakukan pengiriman barang.
  1. Letter of credit. Letter of credit atau (L/C) merupakan sebuah dokumen yang berfungsi sebagai bukti pembayaran dalam transaksi antara eksportir dan importir. Dokumen LC ini dikeluarkan oleh bank devisa yang diajukan oleh pihak importir yang ditujukan kepada pihak ekportir untuk menarik uang atas beban importir.
  1. Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB)
  2. Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) ini merupakan sebuah dokumen yang digunakan untuk menjalankan ekpor barang. Dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) ini harus ditandatangi pihak eksportir, , pejabat bea dan cukai, dan pejabat bank devisa.

Bagaimana apakah Anda merasa tertarik untuk menjalankan kegiatan usaha yang bergerak dalam bidang ekspor impor ? jika Anda merasa tertarik untuk menjalankan kegiatan usaha yang beregerak dalam bidang ekspor kami akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda coba agar Anda dapat menjalnkan usaha yang bergerak dalam bidang perdagangan ekspor ini dengan baik. Adapun tips untuk menjalankan kegiatan usaha perdagangan ekspor adalah sebagai berikut :

  • Menghubungi pihak asing dan konsulat atau kedutaan

Untuk memulai usaha ekpor Anda harus menghubungi kedutaan negara yang akan Anda tuju dalam pengiriman barang. Anda juga harus menghubungi kedutaan negara Anda. Dengan Anda menghubungi masing-masing kedutaan ini meraka akan bisa mengetahui seberapa jauh nilai ekspor sehingga akan mendatangkan devisa kepada negara yang mengekspor.

  • Menentukan persyaratan untuk produk yang akan Anda kirim

Dalam memberikan informasi yang berkaitan dengan barang yang akan Anda ekspor Anda perlu berhati-hati penelitian pembatasan potensial atau persyaratan lisensi untuk produk yang ingin Anda impor atau ekspor. Selain itu Anda harus mendapatkan produk yang akan Anda kirim melalui bea cukai untuk mendapatkan legalitas

  • Ikut Berpartisipasi dalam Community Trade

Agar usaha ekspor yang sedang Anda jalankan dapat berjalan dengan mudah Anda bisa bergabung dalam International Chamber of Commerce ini untuk menegakkan misi perdagangam.

  • Anda Harus Memahami International Shipping

Kelebihan yang akan Anda dapatkan jika Anda bisa memahami international shipping ini adalah Anda akan menjadi lebih akrab dengan sistem pelayaran internasional dan juga standart pembayarannya.

  • Anda Harus Mendapatkan Letter of Credit

Dokumen letter of credit ini sangat penting untuk kegiatan usaha ekpor barang. Dalam hal ini Anda harus tetap menjaga hubungan baik dengan lembaga keuangan. Karena keberadaan lembaga keuangan ini sangat memberikan peranan penting terhadap perdagangan internasional. Fungsi dari letter credit ini adalah sebagai bukti pembayaran bahwa telah melakukan transaksi ekspor barang.

  • Gunakan Freight Forwarder

Jika Anda baru memulai, Anda mungkin ingin menggunakan layanan freight forwarding untuk mengatur pengiriman luar negeri Anda. Dengan demikian, Anda akan memilih jaringan pengriman yang berpengalaman dan berkualitas untuk mendapatkan tarif pengiriman yang paling menguntungkan bagi Anda.

  • Anda Harus Menggunakan Broker Bea Cukai

Pihak bea cukai ini akan menyiapkan dokumen dan menjelaskan segala aturan dan ketentuan ketika Anda menjalankan kegiatan usaha bea cukai.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk memulai kegiatan usaha yang bergerak dalam bidang perdagangan ekspor dan impor. Bagaimanakah pendapat Anda setelah Anda membaca penjelasan yang telah kami sampaikan di atas? Apakah Anda merasa tertarik untuk menjalankan kegiatan usaha yang bergerak dalam bidang ekspor dan impor ini ? jika Anda merasa tertarik untuk menjalankan kegiatan usaha ekspor maka Anda harsu mempersiapkannya mulai dari sekarang.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampikan kepada Anda yang berkaitan dengan memulai bisnis ekspor. Semoga dengan informasi ini bisa memberikan manfaat kepada Anda. Terima kasih dan salam sukses dari kami. –Ervin.

(Visited 255 times, 1 visits today)

Anda akan tertarik dengan yang ini

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *