Memulai Bisnis Baju Dengan Modal Kecil

Memilih untuk memulai bisnis baju memang menjadi suatu pilihan yang tepat untuk dijalankan. Hal ini dikarenakan bisnis baju memang tidak akan pernah surut karena baju menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi. Peluang dari bisnis baju hingga saat ini masih terbuka sangat lebar dan potensial untuk dikembangkan. Tingginya persaingan dalam bisnis baju dan masalah modal sering menjadi kendala bagi seseorang yang memiliki modal minim untuk mengawali bisnis baju. Sudah menjadi hukum alam bahwa suatu hal yang menarik dan potensial memang akan banyak diminati serta dijalankan semua orang. Salah satunya bisnis baju. Ketika akan terjun mengawali bisnis baju memang maka harus memperhatikan beberapa cara agar bisa memenangkan persaingan dalam bisnis ini. Salah satunya yaitu dengan membangun brand yang lebih kuat. Pada kenyataanya, membangun brand memang membutuhkan beberapa proses dan modal yang cukup besar. Hal inilah yang tidak sesuai dijalankan bagi pemula dengan modal usaha yang minim. Dan akhirnya banyak pemula dengan modal kecil yang akhirnya bangkrut dan gulung tikar. Hal ini disebabkan mereka tidak dapat bersaing atau kekurangan modal ditengah jalan. Nah, untuk mengantisipasi dalam masalah ini, maka sebelum memulai bisnis baju dengan modal kecil maka harus mengetahui beberapa trik yang harus dilakukan, diantaranya :

memulai-bisnis-bajuMemulai Menjadi Reseller

Dengan keterbatasan modal yang Anda miliki, memang tetap saja bisa melakukan usaha ini. Sehingga tidak perlu harus memaksakan diri untuk memproduksi maupun membeli stok baju yang banyak. Untuk itu, sebagai pemula dalam bisnis baju memang perlu melakukan belajar terlebih dahulu dalam menjalani bisnis ini hingga mahir dipemasaran baju tersebut. Untuk itu bagi pemula bisnis baju, hanya dibutuhkan keahlian dalam pemasaran suatu produk yang Anda tawarkan. Dengan sistem reseller, Anda juga bisa lebih hemat modal untuk keperluan yang lebih penting yaitu investasi dalam mempromosikan dan pemasaran produk. Dengan begitu Anda pun bisa belajar teknik marketing online melalui googling. Namun akan lebih baik jika Anda berinvestasi terlebih dahulu di bidang marketing ini, Sebab disinilah kunci sukses dari bisnis tersebut. Dan jika sudah menguasai ilmu marketing online, maka Anda juga bisa menjual produks apa saja yang Anda inginkan. Hal ini akan menjadi bekal utama dalam membangun bisnis baju.

Memulai Stok Baju Sendiri

Keuntungan yang dihasilkan dalam bisnis ini memang perlu dikumpulkan, agar bisa dimanfaatkan untuk perkembangan dalam usaha berikutnya. Pada tahap ini, diwajibkan sudah memiliki modal yang cukup banyak untuk stok produk sendiri dan dimulai membuka toko fisik. Modal cukup banyak untuk stok produk sendiri dan dimulai membuka toko fisik. Pemasaran online terus digenjarkan dibantu oleh pemasaran offline melalui toko baju Anda. Pada tahapan ini, kita membutuhkan karyawan baru minimal 1 karyawan untuk melayani pembeli di outlet fisik Anda. Sebab Anda sudah stok produk, maka ada satu ilmu lagi yang harus Anda kuasai yaitu ilmu manajemen persediaan barang. Semua harus tercatat setiap hari barang yang masuk dan keluar. Proses dalam tahap ini terus berlanjut hingga Anda mengumpulkan banyak modal untuk persiapan produksi sendiri. Sebelum memproduksi baju sendiri, banyak hal yang harus Anda pelajari. Baik mulai dari seluk beluk bahan hingga proses produksi dari awal hingga akhir, dan manajemen karyawan untuk memproduksi.

Memulai Produksi Sendiri

Ketika Anda sudah mempelajari seluk beluk perbahanan, produksi, dan manajemen karyawan dalam produksi, saatnya Anda terjun langsung dalam bisnis produksi baju sendiri. Tahap ini akan cukup memakan banyak energi dan pikiran Anda jika dibandingkan dengan dua proses sebelumnya. Dengan demikian kemungkinan risiko yang lebih besar ada di depan Anda, tetapi potensi keuntungan serta perkembangan bisnis yang Anda jalankan akan  menanjak pesat  jika lolos dalam tahap ini. Dengan memproduksi baju sendiri margin keuntungan yang diperoleh akan semakin besar. Dengan memproduksi baju sendiri maka keuntungan yang kita peroleh semakin besar, dengan syarat menguasai marketingnya juga.

Membangun Sistem Kemitraan

Tahap membangaun system kemitraan inilah yang dapat Anda jalankan setelah mampu memproduksi baju sendiri. Membuat system kemitraan baju dalam bentuk sitributor, agen serta reseller. Paket distributor untuk mitra yang bekerja sama dalam jumlah yang sangat besar. Paket agen untuk mitra dengan pembelian sedang. Paket reseller untuk pembelian dalam jumlah yang kecil. Anda harus bekerja ekstra keras untuk membangun sistem ini agar semua mitra kita terlayani dengan baik. Sistem kemitraan merupakan cara terbaik untuk menjaga stabilitas produksi baju dalam usaha Anda dan terus membesarkannya.

Demikian diatas tadi mengenai tips memulai bisnis baju dengan modal kecil. Dengan keterbatasan modal yang dimiliki, bukan berarti tidak dapat memulai bisnis baju. Bahkan tanpa modal sepeserpun masih bisa memulai sebuah usaha. Semoga informasi diatas bisa berguna dan membawa manfaat untuk para pembaca. Dan semoga ulasan yang telah kami berikan diatas dapat dijadikan sebagai referensi dalam memulai bisnis baju hanya dengan modal yang minim. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

(Visited 156 times, 1 visits today)

Anda akan tertarik dengan yang ini

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *