Langkah Memulai Bisnis Ganti Oli Mobil

langkah memulai bisnis ganti oli mobil niaga.tv

Guna memenuhi kebutuhan hidup banyak orang memilih menjalankan usaha untuk bisa mencukupi kebutuhan hidup dalam setiap harinya. Namun selain bisa membuka usaha sendiri dan memenuhi kebutuhan juga menjadi salah satu cara untuk memberikan suatu lapangan pekerjaan bagi yang membutuhkannya. Sehingga banyak yang berfikir jenis usaha apa yang pantas dan pas untuk dijalankan. Membuka suatu jasa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menawarkan jasa kita kepada yang membutuhkan. Salah satu jenis jasa yang banyak dibutuhkan masyarakat saat ini ialah jasa ganti oli mobil. Dengan banyaknya masyarakat yang telah memiliki kendaraan pribadi seperti mobil maka bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memulai bisnis ganti oli mobil. Ganti oli menjadi kegiatan yang sangat perlu dilakukan untuk bisa membuat kendaraan berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada kendala. Oli memang suatu elemen yang penting pada sebuah mesin salah satunya mesin mobil karena oli memiliki fungsi sebagai pelumas supaya mesin ini tidak rusak atau aus. Sehingga dengan pentingnya peran dari oli untuk mobil maka bagi para pengguna kendaraan terutama mobil perlu sekali mengecek secara rutin. Namun dengan kesibukan dan kegiatan padat yang dialami oleh sebagian orang terutma pengedara kendaraan maka pengecekan dan penggantian oli ini terkadang tidak difikirkan dengan baik. Sehingga dengan adanya hal ini maka akan sangat menguntungkan jika memanfaatkan keadaan ini guna membantu mereka dalam memberikan jasa penggantian oli.

langkah memulai bisnis ganti oli mobil niaga.tv

Bila Anda ingin menjalankan bisnis ganti oli mobil maka Anda bisa membuka bisnis ini terutama jika memiliki hobi dalam dunia otomotif dan sangat paham dengan baik mengenai otomotif. Menyediakan jasa penggantian oli mobil ini sangatlah menguntungkan. Bagi Anda Anda yang belum memiliki pengalaman dalam mengganti oli mobil maka Anda perlu mempersiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk mengganti oli mobil dengan lancar. Beberapa peralatan yang dibutuhkan ini seperti :

  • Kunci pas digunakan sebagai alat pembuka baut oli mobil dengan mudah.
  • Siapkan wadah yang berguna sebagai tempat menampungnya oli bekas.
  • Sediakan Corong yang berguna dalam memasukan oli dengan cara yang lebih mudah.

Siapkanlah beberapa peralatan diatas supaya nantinya bisnis penggantian oli bisa berjalan dengan baik dan lancar tanpa kendala yang berarti nantinya. Sebelum mengganti oli akan lebih baik jika Anda mengecek terlebih dahulu apakah mobil perlu ganti oli atau tidak. Beberapa cara untuk mengetahui waktu yang tepat untuk mengganti oli ini ialah dengan menghitung jarak tempuh mobil dengan melihat buku panduan. Cara lainnya ialah dengan memperhatikan warna oli. Jika warna oli putih pekat maka oli telah bercampur dengan air, hal ini menandakan bahwa kondisi mobil kurang baik dan perlu mengganti dan memperbaikinya. Jika oli berwarna hitam maka oli sudah tidak layak untuk digunakan. Sehingga perlu melakukan pergantian oli baru. Sedangkan jika oli memiliki warna coklat yang agak kekuningan maka masih bisa dikatakan layak dan bisa digunakan sehingga tidak mengganti oli baru juga tidak masalah.

Supaya dalam memulai usaha ganti oli mobil menjadi lebih mudah maka Anda perlu mengetahui langkah – langkah dalam menggantu oli mobil yaitu sebagai berikut :

  1. Taruh mobil pada dudukan yang tinggi seperti dengan mengganjalkan pasangan semen yang khusus digunakan sebagai pengganti oli atau dengan menggunakan dongkrak pneumatik besar.
  2. Selanjutnya bukalah knop atau penutup atas mesin yang biasa digunakan untuk mengisi oli mesin, buka supaya udara dapat masuk dan bisa mempercepat proses pengurasan oli.
  3. Bukalah baut pengurasan oli yang ada dibawah blok mesin, gunakanlah kunci pas agar lebih mudah. Lepaskan gasket dan bersihkan jika perlu diganti dengan gasket baru.
  4. Lepas filter oli memakai kunci pas dan gunakan kunci pas khusu untuk filter oli.
  5. Lumasi filter oli kemudian lumasi menggunakan oli bersama dengan gasket.
  6. Agar dapat mempercepat mobil mendapatkan tekanan oli yang diperlukan maka isi filter dengan oli yang baru.
  7. Pada saat memasangkan filter oli serta baut pada penguras maka pastikan jika baut serta filter ini masuk dalam ulir di jalur yang benar. Selanjutnya putar dahulu menggunakan tangan guna memastikan jalur benar – benat sesuai. Jika sudah agak keras maka lanjutnya putar dengan kunci supaya lebih kencang namun jangan terlalu kencang supaya ulir tidak rusak.
  8. Selanjutnya masukan oli baru di lubang mesin di bagian atas yang tadi telah dibuka. Jumlah oli yang digunakan harus pas pastikan bila menggunakan bilah pengontrol. Pastikan jika oli berada pada batas maksimal bilah pengontrol dan jangan berlebihan mengisinya.
  9. Tutuplah knop penutup pengisian oli ini dan selanjutnya lihat bagian bawah mesin seperti baut penguras serta filter oli dan pastikan jika tidak ada kebocoran.
  10. Nyalakanlah mesin mobil ini sampai cukup panas dan baru mobil siap untuk dijalankan serta digunakan.

Jika Anda mampu mengganti oli dengan benar maka bisnis yang dijalankan pasti bisa berjalan dengan baik karena pelanggan akan puas dengan cara penggantian oli yang dilakukan. Startegi yang tepat juga perlu dilakukan untuk membuat bisnis yang dijalankan bisa berjalan dengan baik. Seperti melakukan hubungan baik dengan para pelanggan, memberikan kenyamanan, kebersihan dalam mengganti oli, kerapian serta kecepatan dalam menjalankan bisnis ini. Jagalah dengan baik hubungan antar mitra bisnis dan promosikan jasa penggantian oli mobil ini kemasyarakat luas supaya mereka mengetahui usaha yang sedang dijalankan.

Demikianlah pembahasan dari langkah memulai usaha ganti oli mobil, bisnis yang tepat sekali dijalankan bagi seseorang yang memiliki minat dan keahlian dalam bidang otomotif dan mau memanfaatkannya dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca dan silahkan mencoba menjalankan bisnis sesuai dengan minat dan keinginan. –Jujuk-

(Visited 6,657 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *