Inilah Tips Memulai Bisnis Tanpa Modal Yang Bisa Anda Coba

Merintis bisnis memang tidak begitu sulit dilakukan. Siapa saja bisa melakukannya, bahkan tanpa uang sepeserpun juga bisa menjalankan suatu bisnis. Namun perlu Anda ketahui, bahwa modal utama yang paling penting yaitu keyakinan, rasa percaya diri dan usaha yang disertai dengan doa. Mempertahankan serta mengembangkan sebuah bisnis memang menjadi hal yang sangat sulit dilakukan. Saat ini memang telah banyak pelaku bisnis yang gagal di tengah jalan yang disebabkan persiapan kurang matang dan juga pengambilan keputusan yang kurang tepat sehingga bisa membuat usaha yang dijalankannya putus ditengah jalan. Nah, untuk menghindari dari semua hal itu, maka Anda pun juga perlu mengerjakan pekerjaan rumah terlebih dahulu, sebelum memulai sebuah bisnis. Sebelum Anda memulai bisnis tanpa modal, Anda pun juga wajib mengetahui terlebih dahulu siapa dan apa yang dibutuhkan oleh calon pelanggan, mana pasar yang akan dituju dan bagaimana cara untuk mempromosikannya serta kapan bisnis tersebut akan dimulai? Jika Anda sudah mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu, berarti Anda sudah siap untuk memulai bisnis. Saat ini memang telah banyak berbagai jenis bisnis yang bisa dilakukan tanpa mengeluarkan modal. Selain itu bisnis tanpa modal juga bisa Anda jadikan sebagai bisnis sampingan untuk mendapatkan keuntungan tambahan. Bisnis tanpa modal memang sangat menarik dan menjanjikan untuk dijalankan.

bisnis tanpa modal

 

Jika Anda ingin memulai bisnis tanpa modal maka Anda juga perlu mengetahui terlebih dahulu seluk beluk dalam menjalani bisnis tersebut. Berbagai bisnis tanpa modal sebenarnya sangat banyak sekali apalagi jika didukung dengan hobi dan juga ketarampilan yang Anda miliki. Sebagai contohnya saja Anda bisa membuat keterampilan yang kreatif, pasti akan bisa dijadikan sebagai ladang bisnis untuk Anda kembangkan. Meskipun bisnis tanpa modal namun bisnis tersebut sangat menjanjikan sekali jika dilakukan. Jika berbicara mengeni bisnis tanpa modal tentunya semua kalangan masyarakat pasti akan penasaran, apakah ada bisnis tanpa modal? Dan pastinya akan membuat semua orang tergiur bila sudah mengetahui usaha tersebut. Namun jika Anda saat ini sebagai salah satu seorang pengusaha namun ingin menjalankan usaha sampingan tanpa modal maka Anda bisa mencoba menjalankannya apalagi keuntungan yang diperoleh hingga jutaan rupiah. Bisnis tanpa modal memang juga bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan. Menjalankan usaha sampingan tanpa modal juga tidak perlu meninggalkan pekerjaan utama yang Anda jalankan. Sebab bisnis tanpa modal memang tergolong jenis bisnis yang sangat mudah dilakukan.

Nah, untuk membantu Anda dalam memulai bisnis tanpa modal, berikut ini akan kami berikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengawali bisnis tanpa modal, antara lain:

Meminjam uang

Dalam meminjam uang, Anda bisa meminjam melalui teman, sahabat maupun seseorang yang dekat dengan Anda. Anda meminjam uang dari mereka dan menjelaskan kepada mereka mengenai potensi suatu produk yang akan Anda kerjakan serta segala macam keuntungan yang bisa diperoleh.

Mencari lokasi Usaha

Dalam mencari lokasi memang menjadi suatu hal yang paling penting. Sebab lokasi usaha bisa menentukan kesuksesan dari sebuah bisnis yang Anda jalankan. Lokasi usaha juga bisa Anda lakukan cukup dengan memanfaatkan ruangan yang telah ada dirumah Anda. Dengan begitu Anda tidak perlu menyewa tempat dan berbayar mahal. Jika Anda memiliki ruangan yang tidak dipakai, maka Anda bisa menjadikannya sebagai suatu ruangan kantor atau tempat dari bisnis Anda.

Mencari rekan kerja

Dalam mencari rekan kerja memang bisa didapatkan melalui lingkup teman maupun saudara Anda yang mau berinvestasi ke dalam bisnis yang Anda jalankan. Hal ini juga bisa meringankan beban sekaligus menolong Anda untuk mendapatkan ide-ide baru. Mungkin juga, Anda dan rekan bisa menciptakan sebuah ide terbaru.

Mempekerjakan staf dengan system bagi hasil

Tidak ada salahnya juga dalam mempekerjakan orang lain dengan sistem bagi hasil. Anda bisa menghemat banyak biaya dan mereka juga akan mendukung sepenuhnya dalam bisnis Anda.

Membuat website

Saat ini Google banyak menawarkan layanan website gratis bagi usaha kecil menengah. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menciptakan dan juga merancang sebuah website. Website bisnis juga bisa menggait minat dari banyak pelanggan. Dengan begitu Anda hanya tinggal mengcopy dan paste URL website Anda ke akun jejaring sosial pribadi Anda, lalu Anda juga bisa meminta bantuan pada teman-teman dari jejaring sosial Anda untuk mempromosikan ke kenalan mereka. Kemungkinan besar Anda dapat menjaring pelanggan dengan potensial yang sangat besar.

Fokus

Jika bisnis Anda tidak langsung menghasilkan profit (sebagian besar memang tidak), fokuslah untuk terus memperbaiki bisnis Anda dan cari tahu apakah ada yang salah.

Mencari pekerjaan paruh waktu

Biasanya Anda akan menghadapi banyak tantangan dalam mengumpulkan modal. Jadi jika Anda ada waktu atau kesempatan bekerja paruh waktu kemdian ambil saja. Lalu investasikan separuh gaji ke dalam bisnis Anda.

Negosiasikan segalanya

Semuanya bisa dinegosiasi. Jadi, negosiasikan dengan bank-bank untuk membantu pemodalan dalam bisnis yang Anda jalani. Terlebih lagi saat ini juga telah banyak bank luar sana yang mau meminjamkan pinjaman bebas kolateral bagi start-up dan usaha kecil menengah.

Demikian informasi yang membahas tentang cara memulai bisnis tanpa modal yang bisa Anda coba. Semoga adanya tips yang kami berikan diatas bisa berguna dan bermanfaat untuk Anda. Dan semoga bisnis yang Anda jalankan bisa sukses hingga berkembang dengan baik. Selamat mencoba berbisnis dan semoga bermanfaat. – Lina –

(Visited 129 times, 1 visits today)

Anda akan tertarik dengan yang ini

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *