Cara Memulai Bisnis Catering Rantangan Yang Menjanjikan

memulai-bisnis-catering-rantangan

Apakah Anda memiliki hoby memasak atau mungkin memiliki kemampuan memasak yang lesat? Berbisnis catering inilah dapat Anda jadikan sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Terlebih saat ini semakin banyaknya orang yang sibuk bekerja dan tidak sempat memasak hingga membuat bisnis catering rantangan dapat dimanfaatkan sebagai ladang bisnis yang sangat menjanjikan. Bisnis catering rantangan dari tahun ke tahun memang selalu meningkat. Terlebih jika Anda dapat memberikan pelayanan yang baik pasti akan membuat usaha yang dijalankan semakin berkembang dengan baik. Jika Anda saat ini memiliki hobi dan kemampuan dalam hal memasak maka Anda bisa memanfaatkan untuk mencoba menjalankan bisnis ini. Namun sebelum Anda terjun langsung memulai bisnis catering rantangan, maka perlu memperhatikan beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar nantinya bisnis yang dijalankan semakin lancar dan berkembang dengan baik. Lalu hal apa saja yang perlu diketahui sebelum mengawali bisnis ini, untuk bisa lebih jelas dan detailnya silahkan langsung saja simak beberapa hal di bawah ini.

memulai-bisnis-catering-rantangan

Pemilihan Bahan

Dalam pemilihan bahan baku memang cukup penting diperhatikan. Sebab hal ini sangat memperngaruhi cita rasa dari masakan yang Anda masak. Untuk itu, diwajibkan bisa memilih bahan baku seperti sayuran, daging maupun ikan yang masih segar dan berkualitas baik agar nantinya bisa menghasilkan masakan yang lebih nikmat dan banyak disukai oleh calon pelanggan.

Proses Pemasakan

Saat memasak masakan memang harus memperhatikan mutu, rasa maupun kesehatan. Pada saat mencuci sayur usahakan selalu bersih menggunakan air mengalir. Dan jangan sampai masih ada sisa tanah maupun kotoran yang lain yang tertinggal. Sebab jika proses pencucian tidak bersih maka ketika bahan baku tersebut di tumis maka pasirnya akan tertinggal dan juga terlihat. Hal ini tentu akan membuat pelanggan sangat kecewa dan bisa mengakibatkan sakit perut maupun penyakit yang lain. Untuk itu ketika proses pengolahannya harus benar-benar diperhatikan. Selain itu, Anda pun juga harus memperhatikan cara dalam pengolahannya, jangan sampai masakan yang diolah terlalu matang maupun sebaliknya. Cara peracikan bumbu juga harus lebih tepat sehingga tak membuat rasa masakan terlalu asin maupun manis. Dalam mengolah masakan, usahakan ada standart rasa dan jangan sampai hari ini rasanya enak dan besok harinya rasanya hambar. Untuk mengantisipasi hal tersebut di perlukan untuk memperhatikan takaran bumbu yang digunakan agar rasanya bisa stabil disetiap harinya. Selain itu yang paling utama haris diperhatikan juga menjaga kebersihan jangan sampai ada rambut, serangga, lalat, batu kecil yang ikut disajikan dalam masakan yang Anda buat.

Pemilihan Menu

Sebelum memulai usaha catering rantangan, Anda bisa mengumpulkan terlebih dahuliu daftar menu masakan yang Anda kuasai. Dengan begitu, Anda bisa mencoba terlebih dahulu resep-resep baru sebelum digunakan. Anda juga bisa membuat daftar menu untuk empat bulan sehingga tidak akan membuat semua orang merasa bosan dengan menu yang sama setiap hari. Dalam mengkombinasikan makanan, memang perlu perhatikan antara sayur dan lauk atau menu yang lainnya. Misalnya saja, Anda tidak mungkin memberi menu rawon dengan sayur asem. Anda juga bisa memberikan menu pilihan yang lain. Misalnya untuk gorengan, pelangan bisa memilih ikan goreng, empal maupun ayam goreng. Sehingga orang yang tidak suka ikan dapat memilih menu ayam begitu pula sebaliknya. Variasi dalam membuat menu ini memang sangat penting sebab biasanya pelanggan catering sering merasa bosan dan berhenti berlanggannan karena menunya yang hampir sama setiap hari. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka diperlukan membuat daftar menu yang berbeda minimal 2 bulan sekali.

Peralatan

Untuk memilih rantang memang harus diperhatikan. Anda harus bisa memilih rantang stainless steel untuk pelanggan yang hanya memilih lauk saja. Sebaiknya tidak menggunakan rantang enamel karena rantang enamel sering berkarat. Untuk pelanggan yang lebih memilih dengan nasi bisa menggunakan tempat bulat/kotak plastik yang sudah ada sekatnya. Bila ada menu yang berkuah, maka usahakan dibungkus dengan plastik sehingga kuahnya tidak keluar dari rantang atau tercampur dengan menu makanan yang lain. Selain itu kebersihan peralatan dapur yang digunakan juga sangat mempengaruhi kualitas dari makanan. Peralatan yang kotor akan menyebabkan makanan yang diolah lebih cepat busuk. Perhatikan juga ketika memasukan makanan dalam rantang jangan sampai tumpah diluar rantang dan kelihatan kotor. Untuk itu usahakan selalu bersih penampakan rantang ketika sampai pada pelanggan. Untuk itu, anggarkan dana secara regular untuk mengganti rantang yang telah kusam dan juga rusak sehingga bisa mengganti dengan rantang yang baru.

Delivery

Memperhatikan waktu penerimaan makanan yang diantar. Jangan sampai sudah waktunya makan siang namun makanan belum sampai pada pelanggan. Selain itu pengantar makanan juga harus harus memperhatikan beberapa hal, misalnya harus berpenampilan menarik dan bersih, Jika perlu dibuatkan seragam juga. Tempat untuk menaruh rantang ketika dikirim pelanggan bila menggunakan motor, juga harus tertutup dan bersih sehingga orang yang melihat merasa terjaga kebersihan makanannya. Jangan lupa diberi stiker nama usaha, nomer telpon, atau website/blog usaha Anda pada container box sehingga bisa jadi iklan berjalan sambil mengantar rantang ke pada pelanggan.

Promosi

Promosi dalam bisnis catering rantang ini memang sangat penting. Dalam mempromosikan usaha yang dijalankan, Anda bisa mencetak brosur berwarna, dalam brosur dapat diperlihatkan proses memasak yang bersih atau foto dapur yang bersih. Selain itu juga mencantumkan beberapa pilihan menu masakan yang dibuat. Tekankan pada Kulitas kebersihan, makanan yang sehat, variasi menu makanan yang berbagai ragam, menu tidak pernah sama dalam tiga bulan serta memiliki harga yang lebih terjangkau. Saat mempromosikan usaha catering ini, Anda bisa menyebarkan brosur ini ke pada tempat kos-kosan, apartemen, perumahan,perkantoran, pertokoan dan juga bisa promosi memulai internet maupun lewat media sosial yang lain.

Demikian diatas tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis catering rantangan. Semoga dengan adanya hal-hal yang kami berikan diatas bisa menjadikan calon pengusaha catering rantangan semakin dimudahkan prosesnya dan bisa membuat bisnis yang dijalankan semakin lancar dan berkembang. Terima kasih dan semoga bermanfaat. – Lina.

(Visited 7,587 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *