Cara Memulai Bisnis Dengan Modal Kecil

Cara Memulai Bisnis Dengan Modal Kecil-niagatv

Berbisnis merupakan suatu langkah atau cara yang dapat dilakukan seseorang untuk mencari penghasilan. Bisnis bukanlah suatu hal yang sulit untuk diterjuni. Memulai bisnis dengan modal kecil menjadi suatu keharusan yang banyak dilakukan orang. Memiliki sebuah bisnis yang sukses bukanlah suatu impian belaka. Saat ini sudah banyak pengusaha sukses yang menjalankan usahanya dengan jumlah modal uang kecil. Usaha yang besar memang tak semuanya membutuhkan modal yang besar pula untuk mengawalinya. Bisnis dengan modal kecilah yang justru mengantarkan pengusaha menuju gerbang kesuksesan. Sudah banyak pula pengusaha yang memulai usaha dengan modal yang besar namun usahanya mengalami kebangkrutan. Modal memang bukanlah suatu acuan untuk seseorang pengusaha dalam menggapai kesuksesan bisnis namun dengan semangat, kerja keras, kegigihan dan keuletanlah yang membuat penguasaha menjadi sukses.

Cara Memulai Bisnis Dengan Modal Kecil-niagatvMemulai suatu bisnis memang tak perlu banyak membutuhkan modal besar, dengan modal kecilpun bisnis juga bsia bisa berpeluang untuk sukses. Jika kita melihat di sekeliling, tidak dipungkiri banya pula pengusaha sukses yang awalnya dari nol. Namun berkat kegigihan dan kerja keras dalam menjalankan bisnis, usahanya pun menjadi sukses. Dalam memulai suatu bisnis memang mental positif dan pantang menyerah sangat dibutuhkan agar seseorang mampu menghadapi segala konsekuensi saat menjalankan bisnis. Jika nantinya pengusaha diterpa berbagai masalah misal kebangkrutan maka dengan mental yang positif akan bangkit dan mulai membangun bisnisnya kembali.

Hingga sekarang ini memang banyak masyarakat yang takut memulai bisnis dengan berbagai alasan diantaranya tak memiliki modal yang besar. Padahal, sebenarnya dalam memulai usaha dapat dilakukan dengan bermodal kecil. Terdapat berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk merintis suatu bisnis dengan modal kecil. Mungkin banyak orang yang penasaran ingin mengetahui cara memulai usaha dengan modal kecil. Untuk memulai menjalankan suatu bisnis dengan modal terbatas atau kecil bisa dilakukan seperti berikut :

Carilah ide bisnis tanpa modal besar

Memikirkan jenis usaha yang pas untuk Anda jalankan dan tentunya tidak banyak modal yang dibutuhkan memang sangat penting. Tidak dipungkiri banyak orang yang tidak percaya jika bisnis tanpa modal besar memang benar ada. Stigma masyarakat yang beranggapan jika ingin sukses tentu modal usaha yang dibutuhkan juga besar pula. Namun hal ini justru stigma yang salah, dimana untuk menjadi seorang pengusaha sukses khsusnya bagi pemula memang tidak harus menggunakan modal yang besar. Sepertihalnya menajdi seorang reseller atau dropshiper tidak sama sekali membutuhkan modal yang besar. Dengan hanya berbekal catalog atau foto produk bisa langsung memulai menjalankan sebuah bisnis. Bisnis reseller memang belakangan mulai berkembang sangat pesat. Hal ini bebarengan dengan meningkatnya jumlah penggunaan gadget juga internet di kalangan masyarakat. Rupanya masyarakat modern lebih menyukai berbelanja online dibanding harus membelinya secara langsung.

Memulai bisnis dengan modal yang Anda miliki

Perlu Anda ingat modal bukan berarti harus uang saja. Namun modal mencakup jangakauan yang luas. Disini modal yang dibutuhkan untuk pemuaa bisnis adalah kemampuan, minat dan bakat. Tak selamanya modal haruslah uang yang bernilai tinggi. Namun dengan keahlian seseorang menjalankan bisnis, itu menjadi modal dasar yang dibutuhkan bagi seseorang pengusaha sukses. Misal Anda memiliki kemampuan dalam membuat suatu kue. Maka keahlian ini menjadi modal yang bisa Anda gunakan dalam pendukung kelancaran usaha.

Memanfaatkan peralatan seadanya

Saat hendak memulai sebuah bisnis memang tidak serta merta penggunaan alat yang diperlukan haruslah baru atau berteknologi canggih. Dalam menyiasati jumlah modal yang terbatas, pemanfaatan peralatan yang Anda miliki dirumah memang bisa digunakan. Misalnya penggunaan lokasi usaha bisa dengan memanfaaatkan halaman yang ada di depan rumah. Sehingga biaya untuk sewa lokasi tidaklah tinggi.

Menggunakan sarana pemasaran yang gratis

Dalam menjalankan suatu bisnis memang langkah promosi atau pemasaran sangat dibutuhkan bagi pengusaha dalam mengembangkan sayap bisnisnya. Untuk strategi pemasaran memang bisa dilakukan dengan memanfaatkan promosi yang efektif dan murah. Hal in bsia ditempuh dengan memanfaatkan berbagai media sosial yang gratis. Anda dapat mempromosikan bisnisnya dengan memanfaatkan facebook, twitter, whats app, bbm, google plus juga menggunakan berbagai website atau blog gratisan.

Gunakan modal secara bijak

Dengan hanya bermodalkan terbatas maka bersikap bijak dengan membelanjakan modal merupakan langkah yang pas. Sebaiknya hindarkan diri untuk membelanjakan barang-barang yang tidak begitu penting diperlukan. Anda dapat membuat perencanaan belanja dengan langkah yang bijak sehingga pengelolaan modal berjalan secara kondusif.

Bersikap optimis dan pantang menyerah

Pantang menyerah menjadi napas seorang pengusaha. Suatu usaha apapun memanng harus dijalankan dengan tekad pantang menyerah disertai dengan upaya atau kerja keras. Kita dapat melihat kisah sukses pengusaha yang tidak ada kata menyerah dalam menjalankan bisnisnya, meski diterpa kebangkrutan pengusaha sukses hanya menganggap sebuah kegagalan dimana menjadi awal sebuah kesuksesan. Pengusaha sukses tidaklah mengenal istilah putus asa atau menyerah, mereka suka dengan tantangan, mereka pun siap menghadapi segala resiko dalam menjalankan bisnis.

Begitulah tips-tips dalam memulai bisnis bagi Anda yang mendambakan sebuah bisnis sukses. Memang dalam suatu bisnis perlu dibangun dengan berbagai pondasi yang diperlukan. Ingatlah pula jika suatu bisnis sukses tidak serta merta membutuhkan modal yang besar pula. Dimana dengan modal kecil, usaha bisa menjadi sukses. Memulai menjalankan suatu usaha dengan modal kecil juga tak selamanya mudah, dibutuhkan kerja keras, sikap optimis juga kemampuan dan bakat dalam mengembangkannya. Semoga informasi mengenai memulai bisnis dengan modal kecil di atas dapat menambah wawasan Anda sekaligus memantapkan Anda dalam menjalankan suatu bisnis. -chusnul-

(Visited 246 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *