Cara dan Tips Memulai Bisnis Florist

Menjalankan usaha florist atau toko bunga ini memang sangat menguntungkan untuk dijalankan. Bisnis toko bunga ini pun memang saat ini sangat diminati oleh banyak orang dan telah dijadikan sebagai bisnis keluarga. Untuk kaum wanita yang sedang bingung mencari peluang bisnis namun ingin bisnis yang dapat dikerjakan dengan mudah serta bisa dijalankan di rumah maka memulai bisnis florist bisa menjadi pilihan yang tepat. Mencoba memulai menjalankan bisnis saat ini memang tergolong sulit sehingga mau tidak mau kita dituntut untuk pandai dalam memilih jenis bisnis yang pas dan tidak memiliki resiko terlalu tinggi. Apalagi seorang wanita yang memang ingin menghasilkan pendapatan sendiri namun tidak ingin meninggalkan tugas sebagai seorang ibu rumah tangga. Maka bisnis florist atau membuka toko bunga ini sangat sesuai untuk dicoba, terlebih bila sangat menyukai tanaman dan mampu merangkainya dengan indah. Membuka bisnis bunga ini sangat menjanjikan dengan perawatan dan pemeliharaan bunga yang sederhana. Walaupun memang tingkat resiko yang ada pada usaha bunga ini cukup tinggi dikarenakan bunga merupakan benda hidup yang lama kelamaan bila didiamkan akan cepat layu dan mati. Namun bila mampu mencoba dan belajar dalam menjalankan usaha bunga ini dengan baik dan benar maka resiko tersebut bisa diatasi dengan mudah.

cara dan tips memulai bisnis florist niaga.tvBunga menjadi tanaman hidup yang saat ini banyak diperlukan untuk acara tertentu, bunga menjadi symbol keindahan yang bisa digunakan untuk mempercantik dan memperindah suatu ruangan agar semakin indah dipandang. Bunga juga bisa dijadikan sebagai rasa simpatik terhadap keluarga, rekan dan kerabat terdekat pada saat suka maupun duka yang mereka rasakan. Sehingga bisnis florist ini targetnya ialah semua jenis lapisan masyarakat yang memang memiliki acara tertentu misalnya saja acara penikahan, acara wisuda, acara seminar dan aneka jenis acara lainnya yang membuat tampilan ruangan atau tempat acara menjadi lebih menarik dan indah. Menjalankan bisnis florist ini memiliki beberapa keunggulan yaitu produk pada toko bunga ini memiliki bunga potong yang bisa di desain sendiri. Bunga segar pun akan lebih banyak diminati dibandingkan dengan bunga imitasi. Sehingga keuntungan dari bisnis florist ini bisa dijadikan peluang guna mendapatkan omset yang fantastis. Namun usaha florist juga sama dengan usaha lainnya yang memiliki kekurangan dibalik kelebihan yang dimiliki yaitu bunga hidup mudah layu dan tidak mampu bertahan lama. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut butuh sekali cara supaya bisa menyiasati kesegaran bunga supaya bisa bertahan lama.

Jika Anda memang sangat tertarik dengan usaha florist maka dalam memulai usaha florist ini perlu mempersiapkan beberapa sarana dan prasarana untuk memulai bisnis florist, yaitu :

  • Tempat

Untuk membuka bisnis florist maka tempat menjadi salah satu sarana untuk memulai bisnis. Maka silahkan menentukan tempat yang tepat dengan mencari wilayah yang stategis dan banyak dilalui orang sehingga toko florist bisa diketahui banyak orang. Beberapa tempat yang tepat ialah dekat jalan raya, dekat dengan pusat perbelanjaan, dekat dengan kampus dan sebagainya. Tempat ini nantinya sebagai sarana memajang bunga yang akan dijual dan dirangkai.

  • Perlengkapan Usaha Florist

Perlengkapan yang dibutuhkan ialah tempat untuk menyimpan bunga potong juga peralatan yang membantu dalam merangkai bunga.

  • Pemasok Bunga

Dalam memulai bisnis ini pemasok bunga sangatlah penting sehingga Anda harus memiliki pemasok untuk memenuhi kebutuhan toko bunga. Maka silahkan lakukan survey supaya dapat memperoleh pemasok bunga yang menyediakan bunga potong berkualitas dan bisa dipercaya.

  • Kendaraan

Guna mengantakan pesanan konsumen maka perlu menggunakan kendaraan untuk mengantarkan bunga rangkai dengan selamat kepada konsumen. Anda membutuhkan kendaraan yang berukuran besar supaya bisa menampung rangkaian bunga dengan ukuran besar.

  • Karyawan

Anda tidak bisa menjalankan bisnis ini sendirian karena dalam membuka bisnis florist ini membutuhkan beberapa karyawan untuk mempercepat kerja baik merangkai bunga, mengelola keuangan atau mengantarkan karangan bunga milik konsumen. Pilihlah karyawan yang tertarik dengan rangkain bunga dan mampu berkreasi membuat rangkaian bunga yang indah.

  • Promosi

Salah satu cara untuk mengenalkan usaha florist kemasyarakat luas ini yaitu dengan cara promosi. Tentunya cara untuk promosi ini sangat banyak dan bervariasi. Anda bisa memilih berbagai cara supaya usaha yang Anda jalankan dikenal orang, baik dengan menyebarkan brosur, memasang neon box di depan toko atau mempromosikannya di media social.

Tips Sukses Usaha Florist

  • Supaya bisnis bisa berjalan dengan baik maka Anda harus memiliki suatu kreatifitas untuk merangkai bunga dengan mengkombinasikan rangkain bunga ini dengan penataan yang cantik sehingga memiliki daya tarik supaya banyak konsumen yang menarik dan ingin membelinya.
  • Bila menjalankan usaha toko bunga maka mempunyai hobby dan rasa suka yang tinggi terhadap bunga.
  • Memiliki pengetahuan yang banyak mengenai bunga juga menjadi salah satu tips sukses dan upaya untuk menjalankan bisnis dengan baik. Sehingga dalam merawat dan membudidayakan bunga bisa dilakukan dengan pengetahuan yang dimiliki. Mengetahui banyak kelebihan dan kekurangan mengenai jenis bunga bisa dijadikan acuan terutama jika ada konsumen yang ingin tahu dan menanyakannya.
  • Tahu dengan pasti tentang bentuk serta karakter yang dimiliki jenis bunga. Sehingga nantinya bisa dikombinasikan dan disesuaikan dengan bunga apa yang pas untuk beberapa moment penting.
  • Jika melayani konsumen pastikan mampu melayaninya dengan baik seperti ramah dan sopan. Jika ramah dan sopan maka bisnis pun nantinya akan disukai konsumen dan bisa semakin berkembang dikemudian hari.

Demikian info yang bisa diberikan mengenai cara dan tips memulai usaha florist semoga dengan informasi diatas bisa membantu Anda dan berguna dalam memulai menjalankan bisnis florist tanpa ada kendala. –Jujuk-

(Visited 656 times, 22 visits today)

Anda akan tertarik dengan yang ini

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *